Memahami Fungsi Firewall yang Terdapat di Jaringan Komputer

Posted on

Fungsi firewall dalam sebuah jaringan komputer merupakan bentuk pengamanan terhadap serangan komputer asing. Walaupun internet banyak manfaatnya, namun tetap memiliki potensi risiko yang bisa berdampak negatif terhadap penggunanya.

Salah satunya yang sangat beresiko tinggi adalah dari segi faktor keamanan. Dalam dunia digital, pengamanan ini penting karena semua data yang ada di dalam sistem komputer milik Anda bisa diakses oleh setiap user.

Itu sebabnya penggunaan firewall merupakan hal yang wajar untuk dilakukan sebagai proteksi yang mendasar pada sebuah sistem. Lalu, apa saja fungsi dari firewall ini?  Berikut daftarnya.

Pengertian dan Fungsi Firewall Pada Jaringan Komputer yang Patut Anda Ketahui

Firewall merupakan sebuah sistem keamanan yang bertugas untuk melindungi jaringan atau komputer dari beraneka ragam ancaman dari pihak luar, dalam hal ini internet. Nantinya, firewall diibaratkan seperti sekat atau tembok yang akan membatasi ruang gerak komputer.

Secara garis besar, firewall berfungsi untuk mengatur dan melakukan penyaringan terhadap akses yang masuk dengan parameter tertentu.

Hebatnya lagi, metode pengamanan yang seperti ini bisa diatur sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan pemilik komputer, layanan, atau sebuah jaringan. Dengan kata lain, firewall bersifat fleksibel yang pengaturan default-nya bisa ditentukan secara umum.

Berikut penjelasan berbagai fungsi firewall sehubungan dengan peran yang dijalaninya sebagai sekat atau tembok.

Pengamanan Dasar

Fungsi yang pertama adalah sebagai bentuk dari pengamanan dasar dari aneka risiko pihak eksternal yang kemudian ditunjang dengan metode pengamanan lainnya. Misalnya, melindungi jaringan komputer Anda dari akses ilegal hacker.

Pembatasan Konten

Fungsi yang kedua adalah sebagai alat yang membantu untuk memblokir masuknya konten atau situs web dari alamat tertentu. Anda bisa mengatur pembatasan atau pemblokiran tersebut secara manual jenis konten apa saja yang tidak boleh diakses melalui komputer.

Fungsi Firewall Memblokir Pesan yang Mengganggu

Sering menerima pesan yang bersifat spam? Tenang, Anda dapat memblokir semua pesan masuk  yang mengganggu tersebut melalui firewall. Walaupun pesan spam tersebut mungkin tidak berbahaya, namun tetap kemunculannya bisa mengganggu kinerja komputer.

Akses Layanan VPN

Fungsi berikutnya dari firewall adalah sebagai fasilitator layanan VPN. Melalui jaringan pribadi virtual ini, pengguna bisa mengakses konten atau situs yang telah diblokir.

Melalui layanan ini orang lain bisa masuk ke jaringan komputer Anda dan sebaliknya, Anda juga bisa mengakses konten atau situs tertentu yang sebelumnya telah diblokir oleh pihak tertentu.

Dalam konteks positif, adanya layanan VPN ini berguna untuk meningkatkan produktivitas kerja, berbagai data, serta kolaborasi antar bagian dalam suatu pekerjaan.

Membatasi Bandwidth

Pada sistem komputer, fungsi firewall adalah untuk memantau penggunaan bandwidth pada kanal atau konten yang diakses. Tujuannya adalah agar distribusi bandwidth bisa lebih terjaga sehingga jaringan internet bisa lebih dioptimalkan untuk kebutuhan primer.

Misalnya, melakukan pembatasan pada konten gambar, musik dan hiburan dengan memprioritaskan bandwidth pada konten yang berkaitan dengan pekerjaan.

Menjadikan Game Online Lebih Nyaman dan Aman

Buat Anda penggemar game online, waspadalah terhadap peretas yang bisa memasukkan malware ke perangkat yang Anda gunakan. Pasalnya, game online cukup rentan dalam hal celah keamanan.

Untuk itu, Anda harus selalu waspada, terutama terhadap firewall yang di konfigurasi perangkat milik Anda sendiri, walaupun banyak server game online yang telah dilengkapi dengan fitur keamanan tingkat lanjut.

Fungsi Lainnya

Selain keenam fungsi tersebut, firewall masih memiliki beberapa fungsi lainnya. Seperti, mencegah kebocoran informasi, menjadikan layanan terasa lebih nyaman, bisa memantau aliran data, mencatat aktivitas pengguna, serta sebagai pos untuk keamanan jaringan.

Kesimpulan

Itulah berbagai fungsi firewall pada jaringan komputer yang perlu Anda ketahui. Intinya, apapun jenis komputer yang dimiliki, jangan lewatkan untuk instalasi dan konfigurasi firewall-nya. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *