Cara Update Windows 11 Versi Terbaru Gratis dan Keunggulannya

Cara update Windows 11 ternyata tidak sesulit yang dibayangkan karena bisa dilakukan secara gratis. Sayangnya, tidak semua perangkat komputer yang menjalankan Windows 10 bisa ditingkatkan menjadi Windows 11.

Lalu apa saja harus disiapkan dan bagaimana cara melakukan update Windows 11 ini? Berikut informasinya.

Penerapan Cara Update Windows 11

Santer beredar kabar bahwa untuk update dari Windows 10 ke Windows 11 ternyata bisa dilakukan dengan mudah. Pada versi terbaru dari Microsoft ini memiliki tampilan minimalis dan ringan.

Selain itu, perangkat yang menggunakan Windows 11 pun menjadi lebih aman dan fleksibel. Dengan adanya berbagai keunggulan tersebut membuat Anda jauh lebih mudah dan lebih produktif saat menyelesaikan tugas harian.

Tidak hanya itu, pengalaman dalam bermain game, menonton video, atau aktivitas lain pun menjadi semakin maksimal. Terdapat 2 cara update Windows 11 yang bisa Anda lakukan pada perangkat yang masih menggunakan versi Windows 10, yaitu:

Melalui Windows Update

Cara yang pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan akses upgrade Windows secara langsung dari perangkat yang Anda gunakan, yaitu dengan cara sebagai berikut:

– Pertama, pergilah ke bagian Settings dan pilih opsi “Update & Security”.

– Kemudian, klik opsi menu “Windows Update” dan klik opsi yang bertuliskan “Check for Updates”.

– Jika tersedia informasi yang berkaitan dengan update Windows 11, maka klik opsi “Download and Install” dan tunggulah hingga proses pengunduhan selesai.

– Apabila telah 100% selesai, langkah berikutnya adalah memilih opsi “Restart Now” dan lakukan proses instalasi tersebut hingga selesai.

Cara Update Windows 11 Melalui Aplikasi

Cara kedua untuk bisa update perangkat menjadi Windows 11 adalah melalui aplikasi yang bernama Windows 11 Installation Assistant.

Cara yang kedua ini bisa Anda lakukan apabila mengalami kegagalan ketika melakukan update Windows dengan menggunakan cara yang pertama. Berikut instruksi dalam melakukan update Windows 11 jika melalui aplikasi.

–  Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengunjungi situs resmi Microsoft.

– Kemudian, pada bagian Windows 11 Installation Assistant, cari dan klik opsi “Download Now”.

Cara update Windows 11 berikutnya adalah dengan membuka file aplikasi yang ada dan cari menu yang bertuliskan “Install Windows 11” kemudian klik opsi “Accept and Install” dan tunggu hingga proses pengunduhan Windows 11 selesai.

– Klik menu “Restart Now” apabila proses pengunduhan tersebut telah selesai. Dengan demikian, Windows 11 pun akhirnya selesai dipasang di perangkat milik Anda.

Keunggulan Windows 11

Sebenarnya, tidak ada sanksi dari pihak Microsoft apabila ada perangkat yang tidak mau melakukan update walaupun ada informasi mengenai pembaruan tersebut.

Namun yang perlu diketahui adalah, ada sejumlah keunggulan yang bisa dirasakan ketika perangkat yang digunakan telah update Windows 11, diantaranya adalah sebagai berikut:

Keamanan Optimal

Dengan melakukan update ke Windows 11, maka keamanan perangkat Anda akan menjadi lebih optimal. Pasalnya, salah satu syarat yang harus dipenuhi agar bisa instal Windows 11 adalah harus memiliki TPM 2.0 (Trusted Platform Module) yang memiliki sejumlah fitur.

Diantaranya adalah fitur Bitlocker untuk perlindungan data dan fitur Windows Hello untuk perlindungan identitas.

Antarmuka Fresh dan Minimalis

Pada Windows 11 memiliki interface yang lebih bersih dibandingkan dengan Windows 10 atau sistem sebelumnya. Selain itu, Anda juga bisa menentukan background, warna, dan lain sebagainya untuk kustomisasi antarmuka.

Meningkatkan Produktivitas

Banyak fitur menarik yang tersedia di Windows 11 yang akan membuat produktivitas Anda meningkat. Seperti, fitur, Snap Layouts, Do Not Disturb, Timer, dan Focus.

Gaming Lebih Mumpuni

Windows 11 mendukung lebih dari 100 game online PC terbaru serta memiliki berbagai fitur pendukung aktivitas gaming seperti Ultimate, Auto HDR, dan lain-lain.

Kesimpulan

Itulah kedua cara update Windows 11 yang perlu Anda ketahui dan bisa diterapkan. Pastikan bahwa perangkat Anda kompatibel untuk melakukan update. Selamat mencoba.

Leave a Comment