Sangat Mudah! Beginilah Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer

Posted on

Sama seperti menggunakan smartphone, sudah pasti beberapa dari kita ada yang nyaman dengan layar yang tidak terlalu terang dan ada juga yang suka dengan layar terang. Itu sebabnya, banyak orang yang mencari cara mengatur kecerahan layar komputer demi bisa mendapatkan kenyamanan saat menggunakannya.

Ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur kecerahan layar komputer. Mulai dari melalui pengaturan yang biasa, atau bisa juga dengan menggunakan keyboard. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Cara-cara Untuk Mengatur Kecerahan Layar Komputer

Mengatur Kecerahan Layar Menggunakan Monitor

Pertama ada cara melalui monitor yang memang sudah biasa dilakukan oleh orang-orang. Biasanya memang setiap monitor PC memiliki tombol khusus yang digunakan untuk mengatur kecerahan. Dengan memencet tombol tersebut, maka Anda bisa mengatur kecerahan layar.

Selain itu, beberapa monitor pun menghadirkan software khusus yang memang digunakan sebagai salah satu cara mengatur kecerahan layar komputer. Jika monitor yang Anda miliki mendukung berbagai fitur, maka selain bisa mengatur kecerahan, ada banyak hal lain yang bisa dilakukan.

Mengatur Kecerahan Menggunakan Mouse

Cara lain yang bisa dilakukan ialah dengan menggunakan mouse. Cara satu ini hanya bisa dilakukan untuk windows 10 dan 11 saja. Jika windows yang Anda miliki masih di versi bawahnya, maka tidak akan bisa melakukannya. Untuk caranya sendiri sangatlah mudah, Anda hanya perlu meletakkan kursor pada halaman utama windows.

Kemudian, bisa dilanjut dengan mengklik kanan pada mouse. Setelahnya, cukup pilih display settings saja. Nantinya, windows akan langsung menampilkan berbagai pengaturan untun layar. Mulai dari tingkat kecerahan, scale and layout  resolution, night light, dan lain sebagainya.

Mengatur Kecerahan Layar dengan Memanfaatkan Personalize

Cara mengatur kecerahan layar komputer yang selanjutnya ialah dengan menggunakan atau memanfaatkan personalize. Untuk caranya, cukup menuju halaman utama pada windows. Kemudian klik kanan pada mouse dan akan muncul beberapa pilihan. Di sini, Anda hanya perlu mengklik personalize saja.

Untuk bisa mengatur kecerahan, maka bisa langsung memilih display. Biasanya untuk display sendiri terletak pada bagian pojok kiri bawah. Kemudian, cara terakhir ialah dengan mengklik adjust brightness. Lalu, aturlah kecerahan layar komputer sesuai pada kebutuhan Anda.

Mengatur Kecerahan Layar dengan Mengombinasikan Tombol Windows + X

Cara lain yang bisa Anda lakukan ialah dengan mengombinasikan windows dan tombol X. Menariknya memang cara ini bisa dilakukan mulai dari windows 7, sampai dengan 11. Dengan mengombinasikan tombol tersebut, maka akan muncul beberapa pilihan. Cukup klik mobility center saja.

Ketika sudah mengklik, maka akan muncul beberapa pengaturan dasar yang memang sudah biasa ditemukan. Untuk cara mengatur kecerahan layar komputer satu ini, Anda bisa menggeser ke bagian display brightness dan dari sinilah bisa mengatur kecerahan layar sesuai dengan keinginan.

Mengatur Kecerahan Layar Komputer dengan Tombol Fn + Simbol Kecerahan

Cara ini merupakan cara termudah yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Di mana memang caranya sendiri tidak akan memakan waktu yang lama. Di sini, Anda hanya perlu mengklik tombol keyboard saja. Tombol keyboard yang perlu diklik ialah tombol fn dan simbol kecerahan. Simbol kecerahan ini biasanya digambarkan dengan matahari terang dan redup.

Itulah beberapa cara mengatur kecerahan layar komputer yang bisa Anda lakukan. Jadi, cara mana yang sering Anda lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *