Berbagai Komponen Komputer yang Perlu Anda Ketahui

Posted on

Komputer merupakan salah satu alat elektronik yang banyak digunakan oleh orang-orang. Di mana, ada banyak hal yang nantinya bisa dilakukan hanya dengan komputer. Namun, agar semua pekerjaan berjalan dengan baik, maka diperlukan komponen komputer yang terawat dan berjalan dengan baik pula.

Ada banyak sekali komponen dalam komputer yang harus diketahui. Di mana, berbagai komponen tersebut memiliki peran dan fungsinya tersendiri dalam komputer yang dimiliki. Beberapa komponen komputer yang akan dibahas antara lain:

Beberapa Komponen Komputer yang Perlu Anda Ketahui

Dalam sebuah komputer, ada perangkat keras atau biasa disebut dengan istilah hardware. Dikatakan perangkat keras karena memang bentuk fisiknya bisa dilihat dan disentuh secara langsung. Untuk fungsinya sendiri ialah bisa menjadi input atau output, tergantung apa yang akan Anda proses.

Komponen Input Device

Ada banyak sekali jenis perangkat keras yang termasuk ke dalam komponen komputer. Beberapa di antaranya dibedakan berdasarkan fungsi dari komponen tersebut. Seperti misalnya untuk input device atau unit masukan, Anda bisa menemukan mouse, keyboard, headphone, microphone, joystick, touchpad, sampai dengan light pen.

Komponen Output Device

Sementara itu, pada bagian output device atau unit keluaran, bisa ditemukan printer, monitor, speaker, dan juga scanner. Semua komponen tersebut memiliki fungsi untuk menampilkan data yang sudah diproses pada komputer Anda.

Komponen Process Device

Kemudian, ada juga process device atau unit masukan. Ada 4 komponen yang termasuk ke dalam sini, mulai dari power supply yang memiliki fungsi untuk mengalirkan listrik ke dalam komponen komputer. Selanjutnya, ada juga RAM yang berfungsi untuk menyimpan data. Ada juga motherboard yang memang memiliki peranan penting untuk bisa menghubungkan fungsi antar perangkat komputer.

Terakhir bagian dari process device adalah CPU atau biasa disebut dengan processor. Komponen komputer yang satu ini bisa dikatakan sebagai pusat pada perangkat komputer untuk bisa menerima, mengolah, dan menjalankan tugas, ketika penggunanya sedang menggunakan komputer.

Komponen Unit Tambahan

Biasanya memang ada unit tambahan yang nantinya akan membantu untuk memaksimalkan fungsi dari komputer. Unit tambahan yang biasanya ditemukan ialah modem. Biasanya, modem ini akan membantu penggunanya untuk bisa mengakses internet dengan sangat mudah.

Selain itu, ada juga flashdisk yang fungsinya sebagai tempat penyimpanan kecil. Biasanya memang flashdisk ini memiliki ukuran yang kecil dan berbentuk persegi panjang. Untuk kapasitasnya sendiri beragam, tergantung pada kebutuhan para penggunanya

Komponen Unit Penyimpanan

Terakhir ada komponen komputer unit penyimpanan. Di mana, untuk komponen ini lebih kepada perangkat lunak atau biasa disebut dengan software. Kebanyakan dari perangkat lunak ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk pengolahan data. Selain itu, memang ada berbagai fungsi lain dari perangkat lunak tersebut.

Untuk komponen satu ini, Anda bisa menemukan sistem operasi komputer yang tugasnya untuk menerjemahkan berbagai macam fungsi dan instruksi. Selain itu, Anda juga bisa menemukan perangkat lunak perkantoran yang mencakup berbagai microsoft office. Disebut dengan nama perangkat lunak perkantoran karena memang biasanya digunakan untuk menunjang pekerjaan kantor.

Selanjutnya, ada juga perangkat lunak browser internet yang akan memudahkan Anda untuk mengakses internet. Masih banyak lagi berbagai software yang bisa digunakan di dalam komputer. Semuanya memiliki peranan masing-masing yang memang akan sangat membantu para penggunanya.

Demikianlah berbagai hal mengenai komponen komputer. Komputer sendiri memang memiliki banyak komponen yang akan saling melengkapi di dalam penggunaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *