Tips Atasi Komputer Hang

Posted on

Komputer yang mengalami gejala not responding, kerap kali menyusahkan kita. Apalagi jika kerjaan sedang menumpuk, tetiba saja laptop errong padahal file belum di save. Alhasil akan kerja dua kali dan itu sungguh melelahkan.

Maka dari itu, agar tidak terjadi hal yang demikian. Tak ada salahnya untuk menyimak tips atasi computer hang.

Begini Tips Atasi Komputer Hang

  1. Tutuplah Aplikasi yang Sedang Berlangsung

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yakni tutup saja aplikasi yang sedang berlangsung. Caranya dengan membuka pada bagian task manager, atau dekan menekan ctrl + alt + del. Jika task manager sudah muncul pada layar computer. Selanjutnya pilihlah end task.

  1. Hard Shutdown

Kemudian Anda bisa melakukan kegiatan hard shutdown, yakni sebuah cara untuk mematikan PC secara langsung. Cukup dengan tekan pada power, tekanlah selama 3-5 detik sampai computer yang Anda gunakan, mati dengan sendirinya.

  1. Masih Saja Sulit, Saatnya di Servis.

Namun, apabila Anda masih merasa kesulitan dalam mengatasi tips atasi computer yang hang. Tidak ada solusi lain kecuali  membawanya ke tukang servis. Jika bisa bawalah ke service center resminya. Namun yang perlu Anda tahu dengan pilihan membawa ke tukang service maka Anda juga akan siap untuk kehilangan data, karena biasanya untuk kerusakan fatal akan dilakukan install ulang.

Penyebab Komputer Hang

Jika Anda sudah paham tips untuk mengatasi komputer hang, maka Anda juga perlu paham terkait penyebab mengapa komputer bisa rusak seperti itu, diantaranya yakni:

  1. Terdapat Virus di Komputer

Komputer bisa mengalami Hang, karena factor virus yang bersarang. Hal ini karena rata-rata virus yang ada maka pertama kali yang diserang adalah bagian windows. Maka dari itu untuk mencegah hal-hal seperti ini yang tidak diinginkan, Anda bisa memasang Anti Virus di komputer seperti Avira atau Smadav.

  1. Ada Masalah pada OS Windows atau Software

Hal lain yang melatar belakangi komputer hang adalah sistem operasional windows mengalami masalah. Jika sudah begini, maka kinerja komputer akan menurun dan lama, yang terlihat pada program yang mengalami gangguan loading.  Adapun langkah perbaikan yang bisa Anda lakukan yakni melakukan install ulang agar windows yang corrupt dapat segera kembali dengan benar.

  1. RAM sudah Penuh

Jika RAM mengalani kepenuhan karena data-data yang Anda tamping dalam sudah RAM terlalu banyak, maka ini menandakan bahwa RAM sudah kepenuhan. Biasanya peristiwa-peristiwa RAM penuh terjadi pada laptop yang memiliki spesifikasi kecil. Maka dari itu saat Anda memutuskan untuk membeli laptop alangkah lebih baik jika menyesuaikan dengan berat atau load kerja. Jangan hanya tergiur harga yang miring semata.

  1. Overheating pada sisi CPU

Overheating atau panas berlebih biasanya terjadi di bagian CPU/prosesor jika ini dibiarkan begitu saja, maka kinerja komputer akan terus menurun hingga lama-kelamaan akan Hang. Atau bertuliskan Not Responding.

Sebenarnya solusinya yakni cukup dengan melakukan pembersihan pada bagian kipas yang kotor. Disisi lain, Anda juga harus mengecek keadaan processor secara berkala, amatilah barangkali jika memang mengalami kerusakan. Jika pada bagian-bagian ini rusak, maka segera saja untuk menggantinya.

  1. Adanya Masalah di Harddsik

Biasanya jika Harddisk bermasalah maka komputer yang akan Anda gunakan, akan mengalami Hang. Adapun cara untuk mengatasinya yakni menggunakan aplikasi pembersih atau cleaner, Anda juga tidak boleh menggunakan hard disk untuk menyimpan file-file yang beresiko terjadi lowspace.

Demikian sekilas informasi terkait tips atasi komputer hang, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *