Kenali, Jenis Virus Komputer

Posted on

Jika komputer Anda performanya sedang menurun, maka patut berhati-hati karena itu adalah gejala dari komputer terserang virus. Sekarang, banyak sekali virus komputer berbahaya yang bermunculan. Virus komputer ini bisa berasal dari flash disk yang dimasukan ke dalam komputer, file yang diunduh atau iklan.

Berikut Daftar Jenis Virus Komputer yang Patut Anda Tahu

  1.   Virus Worm

Virus komputer ini sangat berbahaya, karena memiliki kemampuan untuk menggandakan diri secara cepat. Layaknya jika Anda melakukan check worm melalui aplikasi scanner maka layar aplikasi tersebut akan mendeteksi dan memperlihatkan jumlah virus worm yang pastinya tidak cukup lima, tetapi lebih banyak dari ini.

Virus worm biasanya menjangkit pada komputer yang terhubung dengan email. Maka dari itu Anda disarankan untuk secara berkala dan rajin mengecek keadaan komputer Anda dengan melakukan scanner virus.

  1.   Virus Trojan

Kinerja dari virus komputer Trojan, sejatinya tidak jauh berbeda dengan virus worm dimana ia akan menginfeksi pada perangkat yang terhubung secara langsung dengan perantara email. Hal yang paling menjengkelkan dari virus ini adalah Trojan akan melakukan controlling, mencuri keseluruhan data yang ada di perangkat.

Beberapa hal disinyalir menjadi indikasi mengapa Trojan mengupayakan demikian, hal ini tidak lain agar ia mendapatkan informasi secara resmi dari pengguna seperti data pribadi, pesan ataupun password dari pengguna. Adapun untuk menghalau aksi Trojan ini, maka cobalah untuk menginstall aplikasi Trojan Remover.

  1.   Virus FAT

FAT atau yang sering disebut dengan istilah File Allocation Table. Mempunyai kekuatan membuat file corrupt, terkadang FAT juga menyembunyikan file asli. Sehingga Anda akan mengira bahwa file asli sudah hilang. Cara mengatasi tindakan dari FAT adalah segera saja untuk menginstall aplikasi Anti Virus.

  1.   Virus Memory Resident

Seperti namanya, virus komputer ini memiliki misi untuk merusak memori RAM. Jika RAM sudah terinfeksi dengan virus ini, maka komputer akan berjalan secara lambat. Hal terburuk lainnya adalah infeksi oleh virus ini akan semakin meluas, tidak hanya pada RAM saja tetapi juga program komputer lainnya. Virus bekerja pada saat komputer menyala.

  1.   Virus Macro

Merupakan virus komputer yang menjangkit file-file dengan kategori makro. Biasanya berasal dari email, maka dari itu Anda perlu mewaspadai setiap kali email yang masuk. Jangan mudah penasaran dan mengklik apa saja yang masuk ke dalam email.

  1.   Virus Multipartite

Virus multipartite ini sangatlah lihai karena mampu sembunyi di bagian Random Access Memory sebuah komputer. Biasanya virus ini akan merusak RAM, dan merusak harddisk. Efeknya maka program yang dijalankan akan terasa berat dan lama. Bahkan beberapa file maupun aplikasi yang ada menjadi bentuk shortcut dan sudah tidak bisa dibuka kembali. Agar tidak terjadi demikian maka lakukanlah defrag, dan segeralah install Anti Virus di perangkat Anda.

  1.   Virus Backdoor

Bentuk virus ini sangatlah sederhana, tetapi pengaruh kerusakan yang dijalankannya cukup lumayan. Backdrop dalam hal ini lebih menuju pada bagian akses sebuah jaringan, atau komputer, tentunya disini tanpa adanya proses untuk melakukan autentikasi.

  1.   Virus Rogue

Virus ini cukup mengerikan, karena memiliki niat menjebak dengan menjelma layaknya program antivirus, semua tatanan juga dibuat mirip sedemikian rupa layaknya program Antivirus. Tujuan dari Rogue memang untuk mengecoh penggunanya, dan sekedar untuk mendapatkan keuntungan berupa uang.

Demikian informasi terkait jenis virus komputer yang wajib Anda kenali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *