Cara Tepat Memilih Monitor PC Sesuai Kebutuhan

Posted on

Monitor PC merupakan salah satu komponen penting yang bisa memengaruhi performa kerja dari komputer itu sendiri. Hanya saja, keberadaan komponen yang satu ini kerap jarang diperhitungkan pada saat membeli seperangkat peralatan komputer.

Faktanya, tanpa adanya monitor mustahil untuk melakukan aktivitas di komputer dengan nyaman seperti, bermain game, menonton film, mengerjakan tugas, dan lain sebagainya.

Itu sebabnya, dalam memilih monitor tidak bisa dilakukan secara sembarang atau hanya membeli berdasarkan harganya yang murah saja. Ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan ketika akan membeli monitor untuk PC. Berikut tipsnya.

Aspek dalam Memilih Monitor PC yang Perlu Diperhatikan

Ketimbang spesifikasinya, sebagian besar orang hanya beranggapan bahwa yang menjadi acuan dalam membeli monitor untuk PC adalah berdasarkan ukuran dan harganya saja.

Anggapan ini tentunya kurang tepat karena ada banyak sekali fungsi dari monitor yang perlu diperhatikan.

Misalnya, monitor yang khusus untuk bermain game harus memiliki spesifikasi berupa aspek visual yang mampu mendukung tampilan grafis dari game online yang dimainkan.

Bagi Anda yang berencana membeli monitor untuk PC namun masih awam tentang komponen komputer tersebut, berikut beberapa aspek yang perlu diperhatikan.

Ukuran Layar

Aspek pertama yang dilihat ketika hendak membeli monitor PC adalah berdasarkan ukurannya. Namun sebenarnya, pemilihan monitor ini tergantung dari kebutuhan pemakaian dan juga dana yang dimiliki.

Misalnya, untuk monitor gaming dan desain grafis, idealnya menggunakan monitor berukuran 17 inci hingga 30 inci. Sedangkan untuk kebutuhan produktivitas kerja dan aktivitas hiburan, monitor dengan layar sedang berukuran 24 inci sudah cukup mendukung.

Namun bila monitor tersebut diletakkan di ruangan yang cukup luas dan dana juga mendukung, tidak masalah jika Anda memilih layar yang berukuran 27-30 inci.

Teknologi Panel Monitor PC

Aspek kedua yang perlu diperhatikan adalah teknolog panel yang tersemat pada monitor komputer. Umumnya, di bagian panel monitor tersebut terdiri dari dua jenis, yaitu:

Twisted Nematic (TN)

Merupakan panel paling terjangkau dan terkenal di kalangan gamer karena menawarkan refresh rate dan respon piksel yang cukup cepat. Hanya saja panel jenis pertama ini rentan terhadap pergeseran warna saat dilihat dari berbagai sisi.

In-Plane Switching (IPS)

Merupakan panel dengan viewing angle yang cukup lebar dan kualitas warna terbaik, walaupun dalam hal respon piksel masih tidak bisa menandingi TN. Panel jenis ini cocok bagi Anda yang memanfaatkan monitor untuk bekerja atau sekadar melihat hiburan.

Refresh Rate

Cara memilih monitor PC berikutnya adalah melihat dari aspek refresh rate-nya. Pasalnya, semakin tinggi kemampuan refresh rate yang dimiliki, maka performa monitor tersebut secara keseluruhan akan semakin baik.

Sebagai contoh, monitor standar jika digunakan untuk gaming akan terasa tidak memuaskan. Sebab, monitor standar tersebut tidak mampu menyajikan visual dan pergerakan yang halus ketika digunakan untuk menjalankan game PC yang berat.

Resolusi Layar

Aspek berikutnya yang perlu dipertimbangkan ketika memilih monitor untuk PC adalah berdasarkan resolusi layarnya.

Untuk saat ini, banyak produsen yang menawarkan monitor resolusi Full HD dengan tampilan gambar yang tajam dan ukuran teks yang terlihat jelas. Jika ingin yang lebih tinggi lagi kualitasnya, Anda bisa memilih monitor dengan resolusi 2K, 4K, atau bahkan 8K. .

Konektivitas

Aspek terakhir yang patut dipertimbangkan adalah mengecek fitur konektivitas monitor. Sebaiknya pilihlah monitor komputer yang telah dilengkapi dengan konektor HDMI sehingga bisa digunakan secara multi, baik untuk bekerja maupun untuk bermain game PC berat.

Kesimpulan

Itulah kelima aspek yang perlu diperhatikan ketika memilih monitor PC. Intinya, selain mempertimbangkan harga Anda juga harus menyesuaikannya dengan kebutuhan, apakah untuk bekerja, gaming, atau sekadar melihat hiburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *