Simak Sistem Operasi Gratis yang Mungkin Belum Pernah Anda Sadari Ada Untuk PC

Posted on

Tahukah Anda jika ada banyak sistem operasi gratis yang bisa Anda coba unduh untuk PC. Seperti kita tahu, memang kebanyakan sistem operasi yang memumpuni yang berkualitas akan memakan biaya yang tinggi. Hal ini wajar karena memang aplikasi maupun sistem yang bagus akan sangat mempengaruhi kerja perangkat Anda.

Biasanya ada sistem operasi yang gratis, namun pada dasarnya tidak. Produsen harus membayar Microsoft untuk Windows, dan pembaruan macOS hanya tersedia untuk orang yang telah membeli Mac. Di pihak kami, biayanya tersembunyi di dalam harga komputer.

Sistem Operasi Gratis yang Mungkin Belum Pernah Anda Sadari Ada Untuk PC

Pada dasarnya ada beberapa sistem operasi gratis yang bisa Anda coba. Namun, barangkali kualitasnya akan bisa berbeda dengan yang berbayar tinggi. Yang paling populer adalah Linux, tetapi teruslah membaca.

Pada saat Anda menyelesaikan daftar ini, Linux akan tampak benar-benar arus utama. Berikut adalah sepuluh sistem operasi aneh atau tidak jelas yang sebagian besar dari kita belum pernah mendengarnya.

FreeBSD

Jika Anda menggunakan sistem operasi gratis yang bukan Linux, mungkin sistem operasi tersebut berbasis BSD. FreeBSD hanyalah salah satu dari beberapa sistem operasi mirip UNIX. pa pun yang Anda gunakan, sebagian besar pengalamannya mirip dengan apa yang akan Anda temukan di Linux.

Perangkat lunak gratis dan opensource yang tersedia untuk satu biasanya dapat dijalankan di perangkat lain. Bahkan jika Anda bukan pecinta perangkat lunak bebas, Anda mungkin menggunakan bagian FreeBSD tanpa menyadarinya.

ReactOS

Sebagian besar sistem operasi gratis menyediakan alternatif untuk Windows. ReactOS, dalam arti tertentu, berusaha untuk menjadi Windows. Tujuannya adalah memberi pengguna sarana untuk menjalankan perangkat lunak yang dibuat untuk Windows tanpa harus membeli sistem operasi dari Microsoft.

ReactOS adalah sistem operasi sumber terbuka dan gratis, sehingga tidak dapat menggunakan kode aktual Windows apa pun. Proyek ini telah menerapkan sebagian banyak API Windows, dan berkolaborasi dengan proyek Wine untuk menjalankan dan menjalankan program.

FreeDOS

Apakah Anda tinggal di terminal? Apakah Anda menggunakan komputer saat itu satu-satunya pilihan? FreeDOS memungkinkan Anda menghidupkan kembali masa lalu itu. OS barebone memberi Anda sarana untuk menjalankan program DOS lama pada perangkat keras yang lebih modern atau di dalam mesin virtual.

Haiku

Haiku mengambil inspirasi dari BeOS. BeOS adalah sistem operasi grafis yang dikembangkan oleh Be Inc untuk dijalankan di BeBox pada tahun 1995. Sistem operasi tersebut bertahan selama lima tahun, sebelum pembaruan terakhir keluar pada tahun 2000.

BeOS mungkin bukan nama rumah tangga, tetapi itu mengambil beberapa pengguna, dan beberapa ingin melihat OS cukup hidup untuk membuat versi open source mereka sendiri. Tujuannya adalah agar perangkat lunak yang ditulis untuk BeOS bekerja di sistem operasi gratis, Haiku, seperti yang ingin dilakukan ReactOS dengan Windows.

Sistem Operasi Riset AROS

Sementara sistem lain didasarkan pada tiruan AmigaOS, AROS mengambil pendekatan yang berbeda. Ini sebenarnya bertujuan untuk menjadi biner yang kompatibel dengan AmigaOS di level API. Ini mirip dengan bagaimana ReactOS menargetkan Windows, dan Haiku menargetkan BeOS.

Anda mungkin bertanya-tanya apakah perlu memberi perhatian sebanyak ini kepada AmigaOS. Apakah saya menyebutkan bahwa AmigaOS masih ada? Itu juga tidak gratis. Seseorang di luar sana masih bersedia membayar untuk sistem operasi yang belum pernah didengar kebanyakan orang.

AROS menawarkan cara untuk menggunakan beberapa program AmigaOS tanpa harus menyerahkan uang. Plus, itu open source, yang mungkin membuat Anda merasa lebih aman. Itulah beberapa sistem operasi gratis yang bisa Anda unduh untuk PC. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *