Cari Tahu Trik Windows Task Manager Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Posted on

Tahukah Anda jika ada banyak trik Windows yang bisa Anda coba untuk mengatur berbagai file manager. Tidak hanya baik dari segi kerapihan, namun juga akan memudahkan Anda dalam mencari file lainnya.

Sebagian besar pengguna Windows hanya mengaktifkan Task Manager ketika sebuah program dibekukan dan mereka harus mematikannya. Meskipun sangat baik menggunakan Pengelola Tugas dengan cara ini, Anda juga mengabaikan beberapa fitur berguna jika Anda tidak pernah melihat lebih dalam.

Trik Windows Task Manager

Task Manager telah melihat beberapa peningkatan serius sejak zaman Windows 7. Mari kita lihat trik Windows terbaik untuk Windows 10 yang harus Anda ketahui. Bagaimana cara yang mudah sehingga Anda bisa melakukannya secara mandiri?

Bagaimana Cara Memunculkan Task Manager Dengan Cepat?

Bahkan jika Anda tahu cara membuka Pengelola Tugas, Anda mungkin tidak mengetahui berbagai metode untuk melakukannya. Meskipun Anda dapat menekan Ctrl + Alt + Del untuk membuka layar keamanan dan meluncurkan Pengelola Tugas dengan cara itu, ini adalah metode yang lambat.

Berikut trik Windows untuk membuka Task Manager dengan cepat: gunakan pintasan Ctrl + Shift + Esc. Ini akan langsung meluncurkan aplikasi tanpa perlu klik tambahan. Ini juga cara Anda membawa Pengelola Tugas ke depan saat diminimalkan.

Jika Anda ingin menggunakan tetikus, Anda dapat mengeklik kanan tempat kosong di Bilah Tugas dan memilih Pengelola Tugas. Terakhir, Anda akan menemukan jalan pintas ke Task Manager di menu Power User.

Klik kanan pada tombol Start atau tekan Win + X untuk membukanya. Ini adalah trik Windows yang berguna karena bekerja dengan baik baik saat tangan Anda berada di mouse atau keyboard. Setelah Anda membuka Pengelola Tugas, pastikan untuk mengeklik Lebih detail untuk menampilkan antarmuka lengkap, jika belum aktif.

Cari Tahu Mengapa Aplikasi Dibekukan

Seperti disebutkan sebelumnya, alasan paling umum untuk membuka Task Manager adalah untuk menghentikan program yang dibekukan. Membunuh aplikasi aktif sebelum waktunya dapat mengakibatkan hilangnya data, jadi masuk akal untuk menunggu dan melihat apakah proses yang dibekukan menyelesaikan sendiri.

Untuk melihat proses mana yang menjadi penyebab sebenarnya, alihkan ke tab Detail dan temukan proses yang ingin Anda selidiki. Klik kanan padanya dan pilih Analisis rantai tunggu untuk melihat detailnya. Jika trik Windows ini sedang menunggu proses lain, Anda akan melihatnya di jendela hasil.

Mulai Ulang Windows Explorer Anda

Jika Anda memiliki masalah dengan elemen-elemen ini, pikiran pertama Anda mungkin adalah me-restart PC Anda. Meskipun ini akan menyelesaikan masalah, akan lebih mudah untuk me-restart Windows Explorer. Untuk melakukannya, temukan Windows Explorer di tab Processes di Task Manager. Klik kanan dan pilih Restart untuk mematikan tugas dan menjalankannya lagi.

Memantau Kinerja dan Sumber Daya

Sementara Pengelola Tugas memberikan ikhtisar tentang semua proses dan aplikasi yang berjalan, ia juga memiliki beberapa alat untuk memantau kinerja sistem dan alokasi sumber daya Anda secara efektif.  Lompat ke tab Performa untuk melihatnya.

Di sepanjang sidebar kiri, Anda akan melihat bidang untuk CPU, Memory, Disk, dan sumber daya lainnya di komputer Anda. Klik salah satu untuk melihat grafik waktu nyata penggunaannya.

Jika Anda ingin mengawasi informasi ini tanpa membuka Pengelola Tugas penuh, klik kanan di mana saja di sidebar kiri dan pilih Tampilan Ringkasan untuk hanya menampilkan sidebar itu.

Sebagai gantinya, Anda dapat mengeklik kanan di mana saja di panel kanan dan memilih Tampilan Ringkasan Grafik untuk menampilkan grafik saat ini saja. Itulah beberapa trik Windows yang bisa Anda gunakan untuk mengatur file manager. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *