Apakah Windows 10 Membekukan Komputer Anda? Coba ini!

Posted on

Windows 10 seharusnya berjalan lancar bagi kebanyakan orang, tetapi ada kalanya Windows 10 membekukan atau mengunci sistem Anda. Duduk di sana saat komputer Anda hang membuat frustrasi dan Anda tidak harus menghadapinya.

Apakah komputer Anda membeku setelah menginstal Windows 10 atau salah satu pembaruannya, atau jika tiba-tiba mulai terkunci, kami akan memberikan berbagai langkah untuk menghentikan pembekuan Windows 10.

Apakah Windows 10 Membekukan Komputer Anda?

Apa yang harus Anda lakukan ketika Windows 10 membekukan atau mengunci sistem Anda? Jika hal ini terjadi pada perangkat Anda, simak ulasan di bawah ini. Anda bisa melakukannya secara mandiri dengan mengikuti panduan yang mudah dan sederhana.

Kosongkan Ruang Penyimpanan

Komputer Anda dapat melambat jika drive Anda hampir mencapai kapasitas penuh. Untuk memeriksa situasi Anda, arahkan ke PC ini di File Explorer untuk melihat volume drive Anda. Jika merah, saatnya untuk menghapus data yang tidak perlu. Lihat panduan kami tentang file dan folder Windows mana yang akan dihapus.

Anda mungkin juga ingin berinvestasi dalam drive penyimpanan baru jika Anda terus berjuang dengan jumlah ruang yang Anda miliki. Hard drive eksternal murah, jika Anda tidak yakin memasang sesuatu di dalam casing komputer itu sendiri.

Bersihkan Komputer Anda

Ini kemungkinan akan terjadi lebih cepat jika komputer Anda dekat dengan lantai atau memiliki hewan peliharaan. Hal ini bisa membuat Windows 10 membekukan perangkat Anda. Tidak hanya menjijikkan jika komputer Anda penuh dengan debu, tetapi juga dapat memperlambat sistem Anda.

Jika komputer Anda penuh debu maka akan sulit bagi kipas tersebut untuk bekerja secara efektif. Jika komputer Anda menjadi terlalu panas, kinerjanya akan melambat untuk mencegah komponen terbakar dan rusak.

Matikan komputer Anda, cabut semuanya, buka casing, dan gunakan udara terkompresi untuk mengeluarkan debu dan mengurangi ketegangan Windows 10 membekukan perangkat Anda.

Periksa Kesehatan Komputer Anda Secara Berkala

Jika Anda sudah lama memiliki komputer, komponen di dalamnya mungkin rusak. RAM yang rusak sering menjadi sumber pembekuan Windows 10. Hard drive yang gagal juga bisa menjadi penyebabnya, terutama jika Anda melihat pembekuan saat mencoba mengakses file.

Perbaharui Driver Anda

Umumnya, Anda hanya perlu memperbarui driver untuk memulihkan Windows 10 membekukan perangkat Anda jika ada masalah. Sekarang, mungkin driver diperbarui dan itulah yang menyebabkan Windows 10 macet. Alternatifnya, Anda mungkin perlu memperbarui driver untuk menyelesaikan masalah.

Untuk informasi tentang cara memperbarui, lihat panduan kami tentang cara menemukan dan mengganti driver yang kedaluwarsa. Jika itu tidak berhasil, Anda harus mencoba kembali ke versi driver yang lebih lama.

Copot Antivirus dan Alat Pembersih

Anda tidak perlu membebani komputer Anda dengan beberapa program antivirus atau alat pembersih yang tidak berguna. Jika Anda menjalankan banyak program ini, kemungkinan program tersebut akan berbenturan, menghabiskan sumber daya sistem Anda dan Windows 10 membekukan perangkat Anda.

Bagi kebanyakan orang, paket Keamanan Windows 10 bawaan sudah lebih dari cukup. Tekan tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan dan klik Aplikasi. Kemudian, pilih setiap program yang tidak diperlukan pada daftar secara bergantian, dan klik Uninstall.

Buat Akun Pengguna Baru

Membuat akun lokal baru dapat menghentikan pembekuan Windows 10. Untuk melakukan ini, tekan tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan. Lalu arahkan ke Akun > Keluarga & pengguna lain. Di bawah Pengguna lain, klik Tambahkan orang lain ke PC ini.

Di jendela baru, klik Saya tidak memiliki informasi masuk orang ini. Kemudian klik Tambahkan pengguna tanpa akun Microsoft. Isi kolom dan klik Next. Kemudian logout dari akun Anda dan masuk ke yang baru. Itulah ulasan singkat mengapa Windows 10 membekukan perangkat Anda dan apa yang harus Anda lakukan. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *