Cara Meningkatkan Sinyal Wifi Anda dan Memperpanjang Jangkauan Wifi Pada PC

Posted on

Sinyal wifi sangat berharga. Menjauh dari router selalu berarti sinyal wifi Anda mulai turun. Pergi cukup jauh, dan Anda akan memasuki zona gelap: tempat yang tidak dapat dijangkau wifi. Dalam situasi itu, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan sinyal wifi Anda.

Bisakah Anda meningkatkannya di seluruh rumah? Ke halaman? Kepada tetangga Anda? Jawabannya adalah “Ya,” Anda bisa. Inilah cara Anda meningkatkan sinyal wifi dan memperluas jangkauan wifi Anda, sehingga Anda tidak akan pernah kehilangan sinyal lagi.

Cara Meningkatkan Sinyal Wifi Anda

Ada banyak cara untuk meningkatkan sinyal wifi Anda. Tidak harus memanggil teknisi, Anda juga bisa melakukannya secara mandiri dengan cepat dan mudah. Simak ulasan lengkap di bawah ini. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah laju kecepatan wifi Anda.

Tingkatkan Router Anda ke 802.11ac atau 802.11ax

Salah satu peningkatan sinyal wifi termudah adalah peningkatan router. Jika Anda masih menggunakan router 802.11g atau 802.11n yang lebih lama, kinerja wifi Anda kurang. Standar wifi lama, yang berjalan di router lama, tidak memiliki daya atau throughput sinyal yang sama dengan router modern yang menggunakan standar wifi 802.11ac terbaru.

Mungkin perbedaan yang paling signifikan antara standar lama dan standar 802.11ac yang lebih baru adalah throughput data pada jarak transmisi yang sama. Contohnya:

  • 11n, dirilis pada tahun 2009, dapat menyiarkan sekitar 600Mbps (sekitar 75MB/dtk) dengan jangkauan maksimal 300 kaki di luar ruangan dan sekitar 150 kaki di dalam ruangan. Sedangkan,
  • 11ac, dirilis pada tahun 2014, dapat menyiarkan sekitar 1,13Gbps (sekitar 166,25MB/dtk) pada rentang yang sama.

Pindahkan Router Anda untuk Meningkatkan Sinyal Wi-Fi Anda

Sinyal wifi Anda terganggu saat Anda meletakkannya di bawah tangga. Atau di dalam lemari atau di balik sebongkah baja yang dibungkus aluminium foil. Serius, penempatan router penting saat mempertimbangkan cara memperluas jangkauan wifi Anda.

Menempatkan router Anda di belakang benda padat besar adalah cara yang pasti untuk mengurangi jangkauan wifi Anda. Lokasi terbaik cenderung berada di lorong, di tengah rumah Anda, sehingga sinyal wifi terpancar secara merata. Tentu saja, itu tidak selalu memungkinkan.

Solusi untuk meningkatkan sinyal wifi Anda adalah dengan memindahkan pindahkan router Anda ke lokasi yang bersih dari kekacauan, benda besar, dan barang lain yang dapat memblokir sinyal wifi Anda. Pertimbangkan untuk menggunakan kabel yang lebih panjang untuk memindahkan perute dari posisinya saat ini, jika memungkinkan.

Beralih ke Wireless Mesh untuk Jangkauan Wi-Fi Lebih Besar

Jaringan mesh nirkabel adalah cara terbaik untuk memastikan sinyal wifi yang konsisten di seluruh rumah Anda. Mesh wifi biasanya menggunakan lebih dari satu perangkat jaringan untuk menjangkau seluruh rumah (atau kantor, dll.)

Anda dengan sinyal wifi yang konsisten. Ini menghasilkan sinyal yang sama di lorong lantai bawah Anda dengan kamar mandi lantai atas Anda, dan seterusnya. Tidak seperti perluasan jangkauan sinyal wifi yang membuat jaringan tambahan lainnya, jaringan mesh menggunakan satu jaringan nirkabel terpadu.

Jaringan mesh telah lama digunakan di pusat perbelanjaan, acara olahraga, festival, dan sebagainya. Namun dalam beberapa tahun terakhir, teknologi wifi jala telah masuk ke rumah. Jaringan mesh nirkabel juga memudahkan perluasan.

Alih-alih menghabiskan waktu untuk mengonfigurasi extender atau booster wifi, sebagian besar perangkat jaringan mesh nirkabel terhubung hampir secara instan ke jaringan yang ada.

Dalam hal itu, jaringan mesh nirkabel adalah pilihan yang sangat baik untuk berbagai situasi perluasan jangkauan wifi. Itulah beberapa tips sederhana yang bisa Anda coba untuk meningkatkan sinyal wifi Anda dengan mudah. Semoga membantu!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *