Mengapa Komputer Berbunyi? Apakah Anda Mengalaminya Juga? Simak Ulasannya Di Sini!

Posted on

Sebagai pengguna alat elektronik seringkali Anda mendengar komputer berbunyi tanpa tahu sebabnya apa. Jika Anda mengalami hal itu, Anda berada di ulasan yang tepat. Selama penggunaan standar, komputer Anda seharusnya bekerja dengan cukup tenang.

Meskipun Anda dapat mengharapkan kipas menjadi lebih keras saat melakukan tugas intensif seperti bermain game atau mengedit video, Anda seharusnya tidak mendengar goresan, bunyi bip, atau gemerincing dari dalam casing komputer Anda.

Jika Anda mendengar suara yang tidak biasa atau keras dari komputer Anda, itu bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah. Sebuah komponen bisa gagal dan perlu diganti. Kami akan mengeksplorasi apa arti suara yang berbeda dari komputer Anda.

Suara Aneh Di Dalam Komputer Anda Yang Sering Terdengar

Komputer berbunyi adalah hal yang bisa menjengkelkan. Karena hal ini akan sangat mengganggu terutama jika Anda sedang bekerja di ruang yang banyak orangnya. Takutnya akan menggangu orang lain. Lalu apa yang menyebabkan hal ini? Berikut adalah ulasannya untuk Anda.

Mengklik atau Menggaruk

Hard disk drive (HDD) pernah menjadi standar untuk penyimpanan komputer karena rasio biaya dan kapasitasnya yang rendah. Namun, solid state drive (SSD) sekarang terjangkau dan merupakan pilihan yang jauh lebih baik.

Menggunakan SSD berarti komputer Anda akan boot lebih cepat dan Anda dapat mengakses file Anda lebih cepat. SSD juga kurang rentan terhadap kegagalan dibandingkan dengan HDD karena menggunakan memori flash, artinya tidak ada bagian yang bergerak

Jika Anda masih menggunakan HDD, penting untuk mengetahui bahwa itu mekanis yang bisa menyebabkan komputer berbunyi. Untuk membaca data pada HDD, sebuah jarum melewati pelat magnetik yang sensitif. Kerusakan apa pun pada pelat itu dapat menyebabkan hilangnya data.

Rengekan Coil

Coil whine adalah pekikan melengking bernada tinggi yang berasal dari komponen elektronik. Di komputer Anda, sering kali dipancarkan dari kartu grafis atau catu daya. Saat daya melewati gulungan komponen ini, komponen tersebut bergetar dan menimbulkan suara rengekan.

Komputer berbunyi akan berubah tergantung pada seberapa banyak arus yang melewati — jadi jika Anda memainkan game yang intensif, kartu grafis akan membutuhkan lebih banyak daya, menghasilkan deru koil yang lebih keras.

Komponen Anda mungkin tidak menghasilkan suara koil yang terdengar. Selain itu, jika Anda tidak peka terhadap suara bernada tinggi, Anda mungkin tidak menyadarinya. Either way, coil whine tidak berbahaya, itu hanya produk sampingan alami dari bagian listrik.

Berdering atau Bersenandung

Kipas membantu menjaga komputer Anda tetap dingin. Kasing dan catu daya akan memilikinya, dan prosesor serta kartu grafis Anda kemungkinan besar juga akan memilikinya. Volumenya pada beban standar akan bergantung pada jenis kipas yang Anda miliki dan daya peredam kasing Anda.

Saat komputer Anda membutuhkan lebih banyak daya, komponen akan menjadi lebih panas dan kipas akan semakin cepat untuk menjaga semuanya tetap dingin. Dengan demikian, mendengar komputer berbunyi tidak selalu buruk.

Itu adalah suara kipas yang berputar. Konon, jika kipas selalu berputar pada beban maksimal, bisa jadi itu pertanda komputer Anda kepanasan dan Anda perlu mendinginkannya.

Apakah PC Anda Berderak?

Jika Anda dapat mendengar gemerincing dari komputer Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah melepas apa pun yang ada di atas casing –drive eksternal, headset, figurine, atau apa pun.

Jika itu tidak menyelesaikan masalah, derak mungkin disebabkan oleh kipas. Matikan komputer Anda, buka, dan pastikan semua kabel Anda diikat dengan rapi ke belakang dan jauh dari bilah kipas.

Getarannya bisa jadi kipas memotong kabel dan itu hanya akan menyebabkan korsleting. Itulah ulasan mengenai mengapa komputer berbunyi yang bisa Anda analisis sendiri praktiknya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *