Cara Membuat Kalkulator Cepat Menggunakan Notepad

Posted on

Cara Membuat Kalkulator Cepat Menggunakan Notepad – Dipagi yang indah ini dan suasana yang sedikit agak sejuk dan indahnya matahari pagi menyapa, selamat pagi sahabat TeolNews semuanya!! Semoga hari-harinya indah selalu ya dan semoga masih dalam keadaan yang sebaik-baiknya. Pagi ini akan sedikit menguras otak ya, hehe. karena apa?? karena kita akan membuat sebuah aplikasi kalkulator menggunakan coding-coding bahasa pemrograman. Tetapi disini GudangIlmuKomputer akan memberitahukan cara yang paling gampang kok, tenang aja.

Ngomong-ngomong masalah kalkulator, kalkulator merupakan sebuah alat atau benda yang digunakan oleh manusia untuk membantu, mempermudah dan mempercepat manusia dalam proses penghitungan sebuah angka. Kalkulator memang sangat membantu kinerja manusia, tentunya akan memperepat kinerja manusia dalam menghitung sebuah angka dalam jumlah yang sangat banyak. Biasanya kalkulator banyak digunakan oleh para pedagang. Karena mereka pasti kesehariannya akan menghitung sebuah angka dari jumlah yang paling kecil hingga jumlah yang paling besar.

Menggunakan kalkulator harus sangat hati-hati dan teliti tentunya. Apabila tertekan salah tombol saja maka sia-siap akan menanggung kerugian yang besar. Misalkan mau menjumlahkan sebuah angka yaitu : 50.000 + 100.000 = ……… tetapi tanpa disadari seseorang salah menulis salah pada angka tersebut, misalkan dia terlalu banyak menulis angka 0 nya, maka ruginya akan banyak sekali itu, walaupun kesalahan sedikit pada penulisan angka 0 nya saja.

Untuk saat ini kalkulator merupakan satu-satunya benda atau alat yang bisa membantu kerja atau mempercepat kinerja manusia dalam proses penghitungan, pengurangan, perkalian pembagian dan lainnya.

Lalu bagaimana cara membuatnya??? Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka aplikasi Notepad yang berada dilaptop.

2. Kemudian Copy script di bawah ini. Lalu pastekan kedalam aplikasi Notepad yang telah dibuka sebelumnya.

@echo off

title TeolNews.com Calculator

:ulang

echo Calculator!

set /p A=Masukkan Angka Pertama =

set /p B=Masukkan Angka Kedua =

set /p o=Pilih Operator Hitung (*, +, -, /) =

set /a “jumlah” = A%o%B

echo Jumlah = %jumlah%

pause>null

goto ulang


3. kemudian simpan dengan nama Calculator.bat

 

4. Dan lihat hasilnya taraaaaa yuhhuuu. Pembuatan calculator berhasil

Ini merupakan cara cepat yang dapat dilakukan untuk membuat sebuah aplikasi Cakculator.

Sekian tutorial singkat dari GudangIlmuKomputer. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *