Cara Membersihkan Perangkat PC

Posted on

Kali ini saya akan menulis sebuah artikel mengenai cara membersihkan komponen PC. Kebersihan merupakan sebagian dari iman, begitulah kata-kata yang sering terucap. Tetapi kenapa orang banyak yang melalaikan kebersihan itu? begituah pertanyaan yang sering muncul dipikiran saya.

Membersihkan perangkat hardware yang berada di komputer dilakukan dengan teliti dan perlahan-lahan karena komponen hardware banyak yang terdiri dari IC dan Chip yang sangat kecil. Berikut cara membersihkannya :

Persiapan :

1. Obeng, untuk membuka Casing.

2. Kuas atau sikat gigi.

3. kompresor kalau ada

4. Kain yang halus

1. Motherboard ( Mainboard )

Untuk membersihkan perangkat ini sebaiknya menggunakan kuas dan juga menggunakan kompresor agar nantinya debu-debu yang menempel pada motherboard ini hilang. Motherboard bisa juga dicuci seperti halnya kita mencuci pakaian. Pengalaman saya mencuci motherboard ini sangat sering saya lakukan, terutama motherboard keluaran lama yang jarang dibersihkan. Pada saat dijemur harus di bawah terik matahari yang sangat panas, agar air yang masuk kebagian terkecil motherboard akan kering. Jemur dan angkatlah kalau memang motherboard sudah benar-benar kering dan tidak terlihat lagi airnya yang menempel.

2. Harddisk

Membersihkan harddisk seperti biasa saja dengan menggunakan kuas ataupun kain dibagian terluarnya saja.

3. CD/DVD Room

Membersihkan perangkat ini seperti biasa juga dengan menggunakan kuas dan juga kain di bagian terluarnya saja. Apabila membersihkan bagian dalamnya harap dilakukan dengan sangat hati-hati jangan sampai mengenai atau mengotori optiknya.

4. Ram

DIbersihkan dengan menggunakan kuas saja. Sampai benar-benar terlihat bersih.

5. Power Supply

Dibersihkan dengan menggunakan kompresor, agar debu-debu yang berada didalamnya hilang.

Itulah beberapa cara membersihkan perangkat PC ( Hardware ). Intinya kalau membersihkan perangkat-perangkat di atas harus dilakukan dengan sebaik mungkin sampai memang benar-benar terlihat bersih. Kalau perlu cuci semuanya, Kecuali : Hardisk, CD/DVD Room, Power Supply.

Mencuci bisa dengan menggunakan sikat gigi dan sikat baju, dengan menggunakan sabun juga tidak apa-apa. Sering-seringlah membersihkan perangkat di atas, karena itu merupakan kompenen utama perangkat komputer.

Sekian artikel singkat mengenai Cara Membersihkan Perangkat PC semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *