Begini Upaya Mengatasi Komputer Lemot

Posted on

Komputer saat ini menjadi perangkat yang cukup vital bagi masyarakat, mulai dari kalangan remaja bahkan orang tua. Tidak hanya digunakan sebagai sarana pembelajaran saja tetapi juga digunakan untuk bekerja. Seringnya komputer digunakan akan membuat perangkat elektronik tersebut berjalan lambat.

Jika sudah terjadi demikian, maka aktivitas yang dikerjakan akan terganggu. Maka dari itu di dalam artikel ini akan mengulas lebih lengkap tentang upaya mengatasi komputer lemot

Inilah Upaya Mengatasi Komputer Lemot

  1.   Membersihkan Komputer

Komputer lemot bisa jadi karena terjangkit virus. Seperti virus yang berbahaya bagi komputer salah satunya yakni Malware, karena bisa menggandakan diri. Virus-virus yang menjangkit ini bisa menyebabkan komputer terasa berat saat program dijalankan.

Maka Anda wajib mengecek keadaan komputer Anda, di sisi lain menginstall Antivirus bisa menjadi upaya yang tepat dan cepat. Anda bisa memilih program Antivirus, pilihlah yang memiliki ukuran tidak terlalu besar dan terdapat review bagus dari para penggunanya.

  1.   Bukalah Program Satu-Persatu

Disadari atau tidak, membuka program cukup banyak secara bersamaan dapat membuat komputer menjadi lemot. Apalagi jika program tersebut memiliki kapasitas penyimpanan dan menyerap daya lebih besar.

Saat membuka aplikasi secara bersamaan, maka membuat RAM terasa berat. Jika penyebab komputer lemot karena ini, maka upaya yang bisa dilakukan adalah menutup aplikasi yang sudah tidak lagi digunakan. Sebagai pengguna yang bijak, maka alangkah lebih baik membuka program secara satu-persatu, hal ini guna menghindari komputer lemot , panas dan terburuknya mengalami Hang.

Jika menggunakan windows 2010 maka bisa diatasi dengan membuka task manager., selanjutnya pilihlah beberapa aplikasi yang kurang digunakan, dan terakhir tekan bagian restart. Cara lain, juga bisa menggunakan sistem msconfig menu, dan matikan aplikasi yang tak perlu.

  1.   Meneliti Kondisi Harddisk

Jika komputer lemot karena terlalu panas, itu menandakan ada problem di bagian harddisk. Adapun upaya mengatasi komputer lemot karena harddisk, jika piranti harddisk Anda sudah terlalu lama, maka cobalah untuk mengganti hardisk, karena hardisk tersebut sudah berumur sehingga kinerja dari perangkat sendiri tidak bisa dilakukan secara optimal.

Tetapi jika penyebabnya adalah adanya fragmentasi pada perangkat harddisk maka solusinya adalah harus dilakukan disgrafmentasi harddisk, yang dilakukan dalam 1 minggu sekali, dengan cara klik menu pilih bagian disk fragmentasi.

  1.   Cobalah Uninstall Program yang Sudah Tidak Diperlukan

Biasanya di dalam sebuah komputer terdapat berbagai macam program. Jika ada program-program yang sudah diingatkan atau tidak lagi digunakan, lebih baik program tersebut dihilangkan saja dari komputer. Hal ini jika tidak dilakukan maka program tersebut akan tetap menghabiskan resource komputer, sehingga membuat hardisk cepat full, dan komputer lemot.

Cara untuk uninstall program yakni tinggal cari menu aplikasi reminya di dalam komputer. Jika sudah menemukan, klik bagian kanan dari aplikasi tersebut. Lalu pilihlah pada bagian uninstall. Dengan uninstall program aplikasi ini akan mengurangi berat pada bagian CPU.

  1.   Matikan Visual Effect Komputer

Biasanya visual effect yang terpasang di sebuah komputer, berfungsi membuat komputer tampak lebih menarik. Namun visual effect tersebut beresiko membuat komputer menjadi lemot, selain itu juga memakan  daya CPU. Sebenarnya ada cara agar tidak terasa lemot yakni dengan mengurangi visual effect dengan mengatur performance di bagian control panel komputer.

Setelah membaca ulasan diatas, maka bisa digunakan sebagai upaya untuk mengatasi komputer lemot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *