Membuat Akun Google Menjadi Lebih Aman dengan Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah

Posted on

Melindungi sebuah akun merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Banyak sekali kejadian akun diambil atau di hack orang yang tidak bertanggung jawab dan kemudian digunakan untuk melakukan kejahatan. Apabila hal ini terjadi, maka pihak yang akunnya diambil akan sangat dirugikan. Tentunya anda tidak ingin hal ini terjadi kan? Nah, maka dari itu amankanlah akun anda mulai dari membuat password yang rumit, kemudian selanjutnya yang akan kita bahas kali ini yaitu mengaktifkan verifikasi 2 langkah.

Untuk dapat menikmati produk teknologi canggih milik Google, maka anda diwajibkan untuk membuat sebuah akun. Nah, satu akun Google ini nantinya bisa digunakan untuk login di semua produk Google. Anda nantinya bisa login di YouTube, Play Store, Gmail, Google Drive, Google+, Blogger, Maps dan produk Google lainnya. Ada banyak sekali produk Google yang bisa dinikmati secara gratis, anda hanya membutuhkan satu akun saja untuk dapat mengakses semua produk Google tersebut.

Mendaftar akun Google sangat gampang sekali dan juga gratis. Anda hanya diminta untuk mengisi data pribadi, selanjutnya membuat email dan password. Demi kenyamanan para penggunanya, Google akhirnya meluncurkan fitur verifikasi 2 langkah. Fitur ini akan terhubung langsung dengan nomor telepon pribadi anda. Ketika hendak login akun Google, nantinya anda akan dikirimi kode verifikasi ke nomor telepon yang telah di daftarkan. jika fitur verifikasi 2 langkah ini anda aktifkan, tentunya akun anda akan lebih aman. Login berhasil ketika kode verifikasi dimasukkan dengan benar dan kode itu hanya dikirimkan ke nomor telepon aktif anda dan hanya anda yang mengetahuinya.

Kali ini kami akan mencoba membantu anda mengaktifkan verifikasi 2 langkah akun Google. Langkah demi langkah akan kami jelaskan disertai dengan gambar agar lebih jelas. Dalam gambar di bawah ini akan ada panah penunjuk yang dilengkapi dengan urutan yang harus anda lakukan.

Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah Login akun Google atau anda bisa login akun Gmail. Di tutorial ini kami login di akun Gmail.

2. Setelah berhasil masuk di akun Gmail, selanjutnya klik pada bagian foto profil akun anda (Berbentuk lingkaran) yang berada dibagian pojok kanan atas tampilan layar kerja anda dan kemudian pilih Akun Saya. Pada gambar di bawah ini juga sudah saya berikan petunjuk (Icon tangan) yang dilengkapi dengan urutan tahapnya. Atau anda juga bisa langsung menuju link https://myaccount.google.com/.

3. Akan muncul tampilan akun anda dan selanjutnya klik pada bagian Login & kemanan.

4. Selanjutnya temukan bagian Verifikasi 2 Langkah dan kemudian klik pada bagian itu.

5. Klik tombol Mulai.

6. Selanjutnya anda akan diminta lagi untuk memasukkan password akun google. Masukkan password dan klik tombol Berikutnya.

7. Masukkan nomor telepon anda yang aktif, karena google akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon yang telah anda masukkan. Kemudian anda akan diminta memilih bagaimana anda ingin mendapatkan kode? Di situ ada 2 pilihan, pertama melalui SMS dan melalui Panggilan telepon. Disini kami memilih melalui SMS dan pilih Selanjutnya.

8. Cek kotak masuk SMS anda dan masukkan kode yang telah dikirimkan oleh pihak Google. Pilih Selanjutnya untuk melanjutkan ketahap berikutnya.

9. Klik Aktifkan.

10. Sampai disini Verifikasi 2 langkah telah berhasil di aktifkan. Anda bisa mencobanya dengan melakukan login kembali akun Google.

 

Jika verifikasi 2 langkah ini diaktifkan maka setiap kali masuk akun, maka anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon yang anda daftarkan. Jika hal ini terus menerus dilakukan, terkadang kita dibuat kesal karena lupa menaruh ponsel padahal kode dikirimkan ke nomor yang ada di ponsel tersebut dan juga terkadang merasa capek memasukkan kode.

Tenang saja untuk permasalahan seperti itu, Google memberikan kemudahan dengan hanya mengklik YA pada ponsel. Lah kok bisa begitu? Ya bisalah namanya juga Mbah Google, semua bisa dia lakukan. Terus bagaimana caranya? Caranya nanti dulu, pertama pastikan anda memiliki smartphone yang sistem operasinya Android atau iOS. Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

Klik pada tulisan Tambahkan Perintah Google.

Klik Mulai.

Disini ada 2 opsi dan untuk memilih opsi ini harus disesuaikan dengan smartphone yang anda gunakan untuk login akun Google. Ohh iyaa, sebelumnya anda harus login terlebih dahulu di smarphone anda. Untuk login, bisa pada aplikasi Gmail atau Google.

Pilih Klik di sini untuk mencoba lagi.

Cek smartphone dan klik YA.

Kemudian akan terlihat perangkat smartphone yang digunakan dan terhubung dengan akun Google.

Klik Selesai.

Selesai sudah dan anda bisa mencobanya dengan melakukan login ulang akun Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *