Cara Mudah Mengetahui Product Key Windows 10 di Komputer

Posted on

Cara Mengetahui Product Key Windows 10 di Komputer

Cara Mengetahui Product Key Windows 10 di Komputer

Sistem Windows

Bagi sebagian besar pengguna komputer, sistem operasi Windows 10 telah menjadi pilihan yang paling populer semenjak dirilis pada tahun 2015 lalu. Sistem operasi ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur menarik yang memungkinkan pengguna untuk melakukan banyak hal, mulai dari editing dokumen hingga gaming.

Namun, sebagaimana pada umumnya, penggunaan Windows 10 juga memiliki beberapa kendala yang dapat timbul di masa depan. Salah satu kendala yang umumnya ditemukan adalah lupa password atau lupa product key Windows 10.

Command Prompt

Apakah Anda salah satu pengguna Windows 10 yang lupa product key-nya? Jangan khawatir, masih ada cara untuk mengetahui product key Windows 10 di komputer Anda. Cara termudah adalah melalui Command Prompt.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka Command Prompt melalui menu start atau dengan menekan tombol Windows+R pada keyboard. Setelah itu, ketikkan perintah “wmic path softwareLicensingService get OA3xOriginalProductKey” dan tekan Enter.

Secara otomatis, Windows 10 akan menampilkan product key yang Anda gunakan di komputer. Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan product key Windows 10.

Registry Editor

Tidak hanya dengan menggunakan Command Prompt, Anda juga dapat mengetahui product key Windows 10 dengan menggunakan Registry Editor di Windows 10. Caranya adalah dengan membuka Registry Editor melalui menu start atau dengan menekan tombol Windows+R pada keyboard. Setelah itu, ketikkan perintah “regedit” dan tekan Enter.

Setelah masuk ke Registry Editor, carilah folder “HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion” dan klik dua kali. Di bagian kanan, cari key “DigitalProductId” dan Anda akan menemukan product key Windows 10 di sana.

Kenapa Topik Ini Penting untuk Dibahas di Masa Depan?

Penting untuk diingat bahwa di masa depan, kita tidak tahu kendala apa yang akan muncul terkait penggunaan Windows 10. Oleh karena itu, mengetahui cara untuk mengetahui product key Windows 10 di komputer sangatlah penting.

Dengan begitu, jika esok hari Anda lupa product key Windows 10, Anda tidak perlu khawatir dan dapat melakukan langkah-langkah yang sudah Anda ketahui untuk mengetahui product key Anda kembali.

Bagaimana Kita Bisa Memperisapkan Diri untuk Menghadapinya?

Salah satu cara untuk mempersiapkan diri menghadapi kendala terkait penggunaan Windows 10 adalah dengan selalu mencatat product key yang Anda gunakan. Catat di tempat yang aman sehingga Anda dapat dengan mudah mengaksesnya jika sewaktu-waktu Anda lupa.

Selain itu, Anda juga dapat mencatat langkah-langkah cara mengetahui product key Windows 10 yang sudah dijelaskan di atas sebagai referensi di masa depan. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah menghadapi kendala yang mungkin timbul terkait product key Windows 10.

Cara Mengetahui Product Key Windows 10 dengan Software

Cara Mengetahui Product Key Windows 10 dengan Software

Belarc Advisor

Belarc Advisor adalah software yang dapat membantu Anda menemukan Product Key Windows 10 yang terpasang di komputer Anda. Software ini gratis dan mudah digunakan. Anda hanya perlu mengunduh dan menginstalnya di komputer Anda. Setelah diinstal, Belarc Advisor akan secara otomatis menampilkan informasi sistem lengkap, termasuk Product Key Windows 10.

ProduKey

ProduKey adalah software lain yang dapat membantu Anda mengetahui Product Key Windows 10 di komputer Anda. Software ini juga gratis dan mudah digunakan. Setelah diunduh dan diinstal, ProduKey akan secara otomatis menampilkan Product Key Windows 10 yang terpasang di komputer Anda.

Magical Jelly Bean Keyfinder

Magical Jelly Bean Keyfinder adalah software yang dapat membantu Anda menemukan Product Key Windows 10, serta Product Key dari program-program lain yang terinstal di komputer Anda. Software ini juga gratis dan mudah digunakan. Setelah diinstal, Magical Jelly Bean Keyfinder akan menampilkan semua Product Key yang terpasang di komputer Anda.

Apa yang membuat topik ini penting untuk dibahas di masa depan?

Penting untuk memahami cara menemukan Product Key Windows 10 dengan software karena banyak pengguna yang lupa atau kehilangan Product Key mereka. Tanpa Product Key, Anda tidak dapat mengaktifkan Windows 10 dengan benar, atau memindahkan lisensi ke komputer baru.

Bagaimana kita bisa mempersiapkan diri untuk menghadapinya?

Untuk mempersiapkan diri menghadapi masalah kehilangan atau lupa Product Key, Anda dapat mencatat Product Key Windows 10 Anda pada tempat yang aman, seperti di buku catatan atau di file elektronik terenkripsi. Selain itu, Anda juga dapat membuat salinan virtual instalasi Windows 10 Anda di cloud, sehingga mudah untuk menginstal ulang jika diperlukan. Dengan cara ini, Anda akan selalu siap jika terjadi masalah dengan aktivasi Windows 10 Anda.

Perbedaan antara Product Key OEM, Retail, dan Volume Licensing Cara Mengetahui Product Key Windows 10 di Komputer

Perbedaan antara Product Key OEM, Retail, dan Volume Licensing

Jika Anda telah menginstal sistem operasi Windows pada perangkat Anda, pasti Anda memerlukan Product Key untuk mengaktifkan sistem operasi tersebut. Namun, ada tiga tipe Product Key yang berbeda, yaitu OEM, Retail, dan Volume Licensing. Berikut ini adalah perbedaan antara ketiga tipe Product Key tersebut:

Product Key OEM

Product Key OEM (Original Equipment Manufacturer) biasanya terpasang pada perangkat saat pembelian. Product Key ini tidak dapat dipindahkan ke perangkat lain. Jika Anda membeli laptop atau komputer dengan Product Key OEM, maka Anda tidak bisa memindahkan Product Key tersebut ke perangkat lain atau menginstalnya di perangkat yang sama jika Anda mengganti hardware. Anda tetap harus menggunakan Product Key OEM pada perangkat yang sama.

Product Key Retail

Product Key Retail dapat dibeli secara langsung dari Microsoft Store atau toko retail terkait. Product Key ini dapat digunakan untuk menginstal Windows pada perangkat apa pun yang sesuai dengan persyaratan sistem operasi. Selain itu, jika suatu saat Anda ingin mengganti perangkat, maka Anda dapat memindahkan Product Key Retail ke perangkat yang lain.

Product Key Volume Licensing

Product Key Volume Licensing biasanya digunakan oleh perusahaan atau organisasi yang memiliki banyak komputer terhubung pada jaringan yang sama. Product Key ini memungkinkan organisasi untuk menginstal dan mengaktifkan Windows pada banyak komputer sekaligus dengan satu Product Key. Product Key Volume Licensing juga dapat dipindahkan ke perangkat yang lain dan sering kali dipandang sebagai pilihan yang lebih hemat biaya bagi organisasi yang memiliki banyak komputer.

Perbedaan antara ketiga tipe Product Key Microsoft tersebut sangat penting karena pada masa depan kita mungkin akan dihadapkan pada situasi di mana kita harus memilih tipe Product Key yang paling sesuai dengan kebutuhan kita. Untuk menghadapinya, kita perlu memahami perbedaan antara ketiga tipe Product Key tersebut dan mempersiapkan diri untuk membeli Product Key mana yang paling cocok dengan kebutuhan kita.

Cara Mengetahui Product Key Windows 10 di Komputer

Kesimpulan: Mengetahui Product Key Windows 10

Sumber daya untuk mengetahui product key Windows 10 ada banyak

Membeli lisensi Windows 10 bukanlah hal yang murah. Namun, kehilangan product key bisa menjadi lebih mahal lagi. Untungnya, ada banyak sumber daya di internet yang bersedia membantu Anda mengetahui kembali kode aktivasi Windows Anda, mulai dari laman Microsoft hingga aplikasi khusus. Tentu saja, metode terbaiknya adalah dengan mencatatnya dengan aman agar bisa digunakan lagi di masa depan.

Lebih baik mencatat product key Anda dengan aman untuk digunakan kembali di masa depan

Saat menginstal Windows 10, Anda akan diminta untuk memasukkan product key untuk mengaktifkannya. Terkadang, product key tersebut akan hilang atau terhapus secara tidak sengaja. Jangan khawatir, saat itu terjadi Anda dapat mengakses kembali product key tersebut dengan langkah-langkah yang tepat. Namun, lebih baik untuk mencatatnya di tempat yang aman dan mudah ditemukan.

Penting untuk memahami perbedaan antara jenis-jenis product key untuk memilih yang tepat

Ada beberapa jenis product key untuk Windows 10, yang bisa membuat Anda kebingungan saat memilihnya. Product key OEM, misalnya, dibuat untuk perangkat yang dipasang Windows 10 secara pre-installed. Sebaliknya, product key Retail bisa digunakan untuk install ulang di komputer mana saja. Jangan sampai Anda salah memilih product key karena bisa membuat Anda kesulitan saat instal ulang sistem operasi.

Mengingat pentingnya product key Windows 10, maka sudah seharusnya kita mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Maka, dengan mencatat kodenya dengan aman dan memahami perbedaan jenisnya, maka kita akan merasa lebih tenang dan siap dalam menghadapi permasalahan yang mungkin muncul di masa depan.