Cara Mengetahui Nama Komputer di Windows 10: Mudah dan Cepat!

Posted on

Cara Mengetahui Nama Komputer di Windows 10

Cara Mengetahui nama komputer di Windows 10

Ketika menggunakan komputer, mungkin ada saatnya kamu ingin mengetahui nama komputer yang sedang kamu pakai. Nama komputer berguna untuk mengidentifikasi perangkat saat digunakan di jaringan dengan komputer lain.

1. Melalui Settings

Langkah pertama untuk mengetahui nama komputer di Windows 10 adalah dengan menggunakan Settings. Berikut adalah caranya:

  1. Buka menu Start dan klik pada gear icon (Settings).
  2. Pilih System.
  3. Pilih About.
  4. Scroll ke bawah untuk menemukan Device specifications dan cari kolom yang bertuliskan Device name.

2. Menggunakan Command Prompt

Jika kamu lebih suka menggunakan Command Prompt, berikut ini adalah caranya:

  1. Buka Command Prompt dengan cara tekan tombol Windows + R, ketik “cmd”, dan tekan Enter.
  2. Ketik “hostname” dan tekan Enter.
  3. Komputer akan menampilkan nama komputer di bawah perintah yang dijalankan.

3. Melalui Control Panel

Kamu juga bisa mengetahui nama komputer di Windows 10 melalui Control Panel. Berikut adalah cara melakukannya:

Read more:

  1. Buka Control Panel dengan cara tekan tombol Windows + X dan pilih Control Panel.
  2. Pada bagian System and Security, pilih System.
  3. Scroll ke bawah sampai kamu menemukan nama komputer di bawah bagian Computer name, domain, and workgroup settings.

Dengan mengetahui nama komputer, kamu akan lebih mudah untuk mengambil aksi yang perlu dilakukan jika terjadi masalah pada perangkat yang kamu gunakan di jaringan.

Penggunaan Settings untuk Mengetahui Nama Komputer di Windows 10 cara mengetahui nama komputer di windows 10

Mudahnya Mengetahui Nama Komputer di Windows 10 dengan Settings

Sebagai pengguna Windows 10, mungkin kamu pernah mengalami kesulitan dalam mencari nama komputermu. Padahal, untuk beberapa keperluan, seperti saat melakukan sharing file, mengetahui nama komputer sangatlah penting.

Namun, kamu tak perlu khawatir lagi karena di Windows 10, kamu bisa dengan mudah menemukan nama komputer dengan menggunakan Settings yang terletak di Start Menu.

Langkah 1: Klik Start Menu lalu Settings

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka Start Menu dengan mengklik tombol logo Windows pada taskbar. Setelah itu, cari dan klik Settings yang merupakan ikon berbentuk roda gigi.

Langkah 2: Klik System kemudian About

Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman Settings yang terdiri dari beberapa menu. Klik menu System, lalu pilih About.

Langkah 3: Nama Komputer tertera pada kolom “Device Name”

Setelah memilih About, kamu akan melihat beberapa informasi mengenai spesifikasi komputermu, seperti versi Windows, RAM, dan lain-lain. Namun, untuk mengetahui nama komputer, kamu bisa melihat pada bagian bawah halaman, di kolom Device Name.

Dengan memperhatikan beberapa langkah di atas, kamu bisa dengan mudah mengetahui nama komputermu di Windows 10 dengan menggunakan Settings. Selain itu, lebih banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan mengenal lebih dalam cara kerja sistem operasi yang kamu gunakan.

Cara Menggunakan Command Prompt untuk Mengetahui Nama Komputer di Windows 10

Cara Menggunakan Command Prompt untuk Mengetahui Nama Komputer di Windows 10

Command Prompt adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu Anda dalam melakukan berbagai tugas pada sistem operasi Windows. Salah satu tugas yang dapat Anda lakukan adalah mengetahui nama komputer yang sedang digunakan. Berikut adalah cara untuk melakukan hal tersebut:

1. Buka Command Prompt melalui pencarian

Cara pertama untuk membuka Command Prompt adalah melalui pencarian Windows. Untuk membuka pencarian, tekan tombol Windows + S pada keyboard, kemudian ketik “Command Prompt” pada kolom pencarian. Setelah itu, klik pada hasil pencarian Command Prompt.

2. Ketik “hostname” pada baris perintah

Setelah Command Prompt terbuka, ketikkan perintah “hostname” pada baris perintah. Pastikan untuk mengetikkan perintah ini tanpa tanda kutip.

3. Nama Komputer akan muncul pada baris berikutnya

Setelah Anda mengetikkan perintah “hostname” pada baris perintah, maka Nama Komputer Anda akan muncul pada baris perintah berikutnya. Nama Komputer ini akan muncul tanpa tanda kutip dan dapat Anda catat untuk keperluan selanjutnya.

Dengan mengetahui cara menggunakan Command Prompt untuk mengetahui nama komputer di Windows 10, Anda dapat dengan mudah melihat nama komputer yang sedang digunakan. Hal ini dapat berguna untuk melakukan berbagai tugas, seperti troubleshooting atau menghubungkan ke jaringan komputer yang sama.

Cara Melalui Control Panel untuk Mengetahui Nama Komputer di Windows 10

Cara Mengetahui Nama Komputer di Windows 10 Melalui Control Panel

Jika kamu ingin mengetahui nama komputer yang digunakan saat ini di Windows 10, kamu bisa melakukannya dengan mudah melalui Control Panel. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Control Panel Melalui Start Menu

Cara termudah untuk membuka Control Panel di Windows 10 adalah melalui Start Menu. Kamu tinggal klik tombol Start pada desktop, kemudian ketik “Control Panel” pada kolom pencarian. Setelah itu, klik Control Panel pada hasil pencarian yang muncul.

2. Klik System and Security Lalu System

Setelah Control Panel terbuka, pilih opsi “System and Security”, lalu klik lagi opsi “System”. Halaman informasi sistem akan terbuka, dan kamu akan melihat beberapa informasi mengenai spesifikasi komputer kamu.

3. Nama Komputer Akan Tertulis Pada Bagian “Computer Name

Untuk mengetahui nama komputer kamu, cari bagian “Computer Name” yang terletak pada bagian paling bawah halaman informasi sistem. Nama komputer kamu akan tertera di sana.

Sekarang kamu sudah berhasil mengetahui nama komputer yang kamu gunakan di Windows 10! Mudah bukan?

Cara Mengetahui Nama Komputer di Windows 10

Kesimpulan

Setelah mempelajari bagaimana cara mengetahui nama komputer di Windows 10, dapat disimpulkan bahwa cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan command prompt atau PowerShell. Namun, terdapat juga beberapa cara lain seperti melalui setelan sistem atau menggunakan shortcut keyboard.

Command Prompt atau PowerShell

Cara ini cukup mudah dipelajari dan dilakukan. Pertama, buka program Command Prompt atau PowerShell dengan cara mengetikkan “cmd” atau “powershell” pada kolom pencarian di taskbar. Selanjutnya, ketikkan perintah “hostname” dan tekan enter. Nama komputer akan muncul di bawah perintah yang telah diketikkan.

Setelan Sistem

Jika kamu ingin mengetahui nama komputer melalui setelan sistem, kamu bisa membuka setelan sistem dengan cara klik Start dan pilih Setelan. Selanjutnya, pilih System dan klik About. Nama komputer akan tertera pada halaman About di bawah Device name.

Shortcut Keyboard

Salah satu cara lain untuk mengetahui nama komputer adalah dengan menggunakan shortcut keyboard. Tekan tombol Windows + Pause/Break pada keyboard kamu. Di halaman System yang muncul, kamu akan melihat Nama Komputer atau Full Computer Name.

Dalam beberapa situasi, mengetahui nama komputer di Windows 10 dapat sangat berguna. Dengan mengetahui nama komputer, kamu bisa mengakses komputer jarak jauh atau bahkan memperbaiki masalah pada jaringan. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara untuk mengetahui nama komputer di Windows 10.